Jumat, 23 November 2012

Operasi Gaza Hampir Tercapai, Obama Bersikap, Tetap Bela Israel



Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan tujuan operasi militer di Gaza hampir tercapai. Pernyataan ini ia sampaikan ketika mengisyaratkan bahwa untuk sementara operasi akan terus dilanjutkan. Olmert mendesak agar upaya yang ada ditingkatkan di saat pasukan Israel dilaporkan terlibat pertempuran sengit di Gaza City.
Militer Israel mengatakan unit-unit pasukan cadangan ditempatkan di Gaza, namun tidak dijelaskan tentang rencana “gempuran baru” terhadap kelompok-kelompok militan.
Tim medis Palestina mengatakan 879 orang tewas dalam konflik selama 16 hari ini. Di pihak Israel telah jatuh korban sebanyak 13 orang.
Obama Bersikap
Dalam perkembangan terkait, Presiden Terpilih Amerika Serikat Barack Obama berjanji akan bergerak cepat untuk mengatasi kebuntuan masalah Timur Tengah.
“Apa yang saya kerjakan saat ini adalah mengumpulkan tim sehingga pada tanggal 20 Januari, sejak hari pertama saya bertugas, kita memiliki orang-orang yang tepat untuk segera menangani proses perdamaian Timur Tengah,” kata Obama.
Janji ini ia sampaikan dalam wawancara dengan stasiun televisi Amerika ABC.
Tim ini, demikian Obama, akan erat berhubungan dengan semua aktor (pihak bersengketa) di sana. Mereka akan bekerja untuk menciptakan satu pendekatan strategis yang menjamin bahwa baik Israel maupun Palestina terpenuhi aspirasi-aspirasinya.
Obama termasuk pembela Israel. Sejak kampanye kandidat Presiden, di depan lobi Yahudi, Obama berjanji untuk bersama dengan Israel menghadapi segala ancaman terhadap negeri penjajah itu.
“Persekutuan kita didasarkan pada kepentingan bersama dan nilai-nilai bersama. Orang-orang yag mengancam Israel berarti mengancam kami. Israel selalu menghadapi ancaman-ancaman ini pada garis terdepan,” kata Obama dalam pidatonya di depan AIPAC beberapa waktu lalu. (nl/sy/rep)


( source : http://hizbut-tahrir.or.id/2009/01/12/operasi-gaza-hampir-tercapai-obama-bersikap-tetap-bela-israel/ )

0 komentar:

Posting Komentar